Gambaran Wilayah Kerja Puskesmas Pleret

Puskesmas Pleret bertanggung jawab terhadap satu wilayah Kecamatan Plered yang terdiri dari 5 Desa yaitu Desa Wonokromo, Desa Pleret, Desa Bawuran, Desa Segoroyoso, dan Desa Wonolelo.

Puskesmas Plered berlokasi di Jalan Imogiri Timur km 9 Jati Wonokromo Pleret Bantul. Berbatasan dengan Kecamatan Banguntapan di sebelah utara, Piyungan dan Dlingo disebelah Timur kiri dan Jetis di sebelah Selatan serta Kecamatan Sewon di sebelah barat.

Sejak tahun 2008 Puskesmas Pleret ditingkatkan statusnya sebagai Puskesmas dengan fasilitas rawat inap.

Luas wilayah Kecamatan Pleret adalah 3664,12 ha atau 229.000 km2. Jarak tempuh ke rumah sakit daerah kurang lebih 11 km dengan waktu tempuh rata-rata 30 menit. Kontur geografis meliputi 1/3 dataran tinggi dan 2/3 dataran rendah. Terdapat dua desa yang letaknya di daerah dataran tinggi yaitu Desa Bawuran dan Desa Wonolelo. Jumlah penduduk pada akhir tahun 2015 sebesar 56948 jiwa. Puskesmas Pleret memberikan pelayanan kepada masyarakat setiap hari kerja untuk pelayanan rawat jalan dan 24 jam nonstop untuk pelayanan gawat darurat rawat inap dan pertolongan persalinan normal.