PAGER SIBOTAK adalah singkatan dari Pekan  Gerakan Serentak Imunisasi Boster Batita .

 

Latar Belakang

Puskesmas Pleret memiliki 56 Posyandu yang merupakan wadah untuk memantau tumbuh kembang Balita.Berdasarkan data cakupan imunisasi Boster Batita tahun 2015 hasil capaian terhadap Boster Pentabio sebesar 65%, dan Boster campak sebesar 64% dari sasaran batita yang ada di tahun 2015 ( bayi lahir 2013). Masih banyak orang tua yang enggan membawa anaknya ke Puskesmas untuk mendapatkan imunisasi Boster batita dikeranakan kurang pemahaman dan keterbatasan waktu.

Berdasarkan data-data  tersebut diatas maka Puskesmas Pleret masih menitik beratkan program imunisasi sebagai salah satu program yang harus dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan agar dapat meningkatkan cakupan imunisasi dasar pada bayi dan selanjutnya dapat meningkatkan imunisasi lanjutan pada batita dan anak sekolah Dasar serta meningkatkan peran serta aktif dari seluruh masyarakat diwilayah Puskesmas Pleret. Puskesmas Pleret menyusun suatu program Pekan  Gerakan Serentak Imunisasi Boster Batita di wilayah kecamatan Pleret (PAGER SIBOTAK) yang dilaksanakan di 5 Desa agar dapat mendekatkan tempat pelayanan dan mengingatkan langsung pada orang tua batita melalui undangan.

 

Tujuan

Tujuan Umum :

Terselenggaranya Pekan Imunisasi Boster Batita   (imunisasi DPT-HB-Hib /Pentavalen dan campak) pada imunisasi lanjutan pada anak batita di Puskesmas Pleret

 

Tujuan Khusus :

  1. a) Terlaksananya tahapan kegiatan Pekan Imunisasi Boster Batita   (imunisasi DPT-HB-Hib /Pentavalen dan campak) pada imunisasi lanjutan pada anak batita
  2. b) Terlaksananya pencatatan dan pelaporan pemberian imunisasi DPT-HB-Hib (Pentavalen)dan campak pada imunisasi lanjutan pada anak batita
  3. c) Terpantaunya KIPI dan tata laksana sesuai standar.

 

Kegiatan pokok dan rincian kegiatan

Kegiatan pokok :  Melaksanakan Pekan  Gerakan Serentak Imunisasi Boster Batita di wilayah kecamatan Pleret (PAGER SIBOTAK) dengan rincian  kegiatan sebagai berikut :

  1. Sosialisasi ke Lintas sektor ( Kader Posyandu)
  2. Penetapan jumlah sasaran
  3. Persiapan Logistik
  4. Pembentukan TIM pelaksana
  5. Penjadwalan kegiatan
  6. Pelaksanaan Pekan Imunisasi Boster Batita di 5 Desa
  7. Monitoring dan evaluasi
  8. Pelaporan

 

Cara melaksanakan kegiatan

Dalam pelaksanaan Pekan  Gerakan Serentak Imunisasi Boster Batita di wilayah kecamatan Pleret (PAGER SIBOTAK) perlu dilaksanakan hal-hal sebagai berikut:

  1. Sosialisasi

Sosialisasi pelaksanaan tahun 2016 akan dilaksanakan pada bulan April 2016 .

  1. Penetapan jumlah sasaran

Data jumlah sasaran ditentukan dari jumlah kelahiran tahun tahun 2014.

  1. Persiapan Logistik

Logistik berupa vaksin dan alat suntik serta perlengkapan imunisasi lainnya di siapkan oleh dinas kesehatan dan menjadi tugas Penanggung jawab program  Imunisasi untuk memenuhi kebutuhan Logistik di Puskesmas yaitu Vaksin, Alat suntik, Safety Box.

  1. Pembentukan TIM Pelaksana/ Penjadwalan

Dilakukan sebelum kegiatan dilaksanakan oleh PJ Imunisasi dengan memperhatikan kegiatan lain yang ada di Puskesmas. Petugas yang dijadwalkan di beri surat tugas untuk pelaksanaan kegiatan. Jadwal yang disusun di distribusikan ke desa desa tempat pelaksanaan kegiatan  Puskesmas Pleret maksimal 1 minggu sebelum jadwal yang ditetapkan.

  1. Penjadwalan kegiatan

Penjadwalan dibuat oleh PJ imunisasi sesuai kesepakatan dengan kader Posyandu.

  1. Pelaksanaan

PAGER SIBOTAK dilaksanakan pada bulan MEI 2016 sesuai kesepakatan dengan kader Posyandu. akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

  1. Monitoring dan evaluasi dilakukan selama kegiatan berlangsung dan diakhir kegiatan. Monitoring dilakukan dengan pengawasan pada kejadian KIPI.

Evaluasi di lakukan diakhir kegiatan untuk menentukan capaian hasil dan rencana tindak lanjut

  1. Pelaporan hasil kegiatan dilakukan secara berjenjang paling

 

Sasaran

  1. Sasaran kegiatan PAGER SIBOTAK adalah seluruh  Anak Batita yang ada di wialyah Puskesmas Pleret tahun 2016, dengan waktu pemberian dapat dilihat dalam tabel berikut:
Vaksin Pemberian Sasaran Waktu
Campak 1 kali Usia 18 bulan Mei 2016
Pentabio 1 kali Usia 18 bulan Mei 2016

 

 

 

 

 

  1. Adapun sasaran pencapaian target dalam pelaksanaan PAGER SIBOTAK Puskesmas Pleret adalah tercapainya cakupan imunisasi Boster pada Batita (campak dan pentabio) 100% di kecamatan Pleret.

 

Jadwal pelaksanaan kegiatan

Jadwal pelaksanaan kegiatan PAGER SIBOTAK disepakati dan disusun bersama dengan sektor terkait yaitu kader Posyandu dan lintas program  dalam pertemuan sosialisasi PAGER SIBOTAK yang dilaksanakan bulan Mei  2016, dan pelaksanaan PAGER SIBOTAK 2016 akan dilaksanakan pada Mei 2016.

 

Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan kegiatan

Kegiatan PAGER SIBOTAK 2016 yang tercantum dalam jadwal pelaksanaanakan  dievaluasi. Evaluasi dilakukan secara bersama-sama lintas program dan lintas sektor terkait. Laporan tersebut selanjutnya disampaikan kepada kepala Puskesmas selanjutnya diteruskan ke Dinas kesehatan Kabupaten Bantul untuk peningkatan kinerja selanjutnya.

 

Pencatatan dan Pelaporan

Dokumentasi yang diperlukan dalam kegiatan ini adalah:

  1. Laporan hasil kegiatan Pekan Imunisasi Boster Batita di kecamatan Pleret
  2. Laporan kasus KIPI (jika ada)

 

Pembiayaan

Pembiayaan program ini berasal dari dana Pusat dalam bentuk BOK Puskesmas.