Main Kar Free Day adalah hari saat balita diberi kebebasan untuk berMAIN dan kleKARan ( tiduran). Diberlakukan pada saat hari imunisasi ( rabu ).

Latar Belakang

Puskesmas Pleret,sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan primer memiliki tugas upaya pencegahan penyakit.Tugas ini tertuang dalam kegiatan imunisasi balita yang dilaksanakan setiap hari rabu. Namun,dalam prakteknya, balita sehat yang hendak diimunisasi harus bercampur bawur dengan orang lain yang sakit (pasien ).Tentunya hal ini sangat tidak direkomendasikan karena akan menimbulkan resiko penularan ke balita / infeksi nosokomial.
Suasana yang gaduh, crowded, tidak nyaman dalam kerumunan banyak orang akan berdampak pada psikologis balita dan perasaan orang tua yang mengantarnya. Untuk itulah kiranya perlu disediakan area dan waktu khusus yang diperuntukan bagi balita saat imunisasi, agar terhindar dari resiko penularan penyakit, tidak terlalu rewel, dan tercipta kondisi yang nyaman bagi orang tuanya.
Di sinilah mulai tercipta suatu inovasi yang diberi nama “ Main Kar Free Day “ , disingkat MKFD yang artinya bahwa pada hari rabu itu diberlakukan area khusus bagi balita yang akan dimunisasi untuk bebas ber-Main dan kle-Karan ( tiduran). Sehingga pada lokasi tersebut tercipta lingkungan sehat yang aman, nyaman, menyenangkan dan edukatif.

Tujuan Umum dan Tujuan Khusus

1. Tujuan umum
Menerapkan aturan pemberlakuan Puskesmas Ramah Anak.
2. Tujuan khusus
Terciptanya tempat dan situasi untuk imunisasi balita yang sehat, aman, nyaman, menyenangkan dan edukatif.

Kegiatan Pokok dan Rincian Kegiatan

1. Kegiatan pokok
Kegiatan pokoknya adalah melaksanakan imunisasi balita dengan menyediakan tempat yang sehat,aman, menyenangkan dan edukatif.
Waktu pelaksaannya pada hari rabu, saat hari dilaksanakannya imunisasi balita.
Lokasi/tempat pemberlakuan “ Main Kar Free day” adalah di sepanjang lorong / jalan pengunjung dari halaman puskesmas sampai ke ruang imunisasi, yang juga meliputi ruang MTBS , ruang menyusui dan ruang KIA. Jalan pengunjung ini tidak semuanya dipakai untuk program MKFD,hanya sebelah utara. Sisi selatan masih bisa dipakai untuk lewat pengunjung/ pasien ke UGD, ruang rawat inap, atau ke ruang fisioterapi.

Rincian kegiatan

a. Menyediakan alas /karpet rumput sintetis
b. Menyiapkan alat-alat permainan edukatif
c. Membuat gambar-gambar lucu dan menarik di dinding ruangan.
d. Pelaksanaan imunisasi

Cara Melaksanakan Kegiatan

Metode yang digunakan adalah memberikan kebebasan kepada balita dan orang tuanya / pangantar di area “ Main Kar Free Day” sesuai dengan keinginannya ( bermain atau klekaran / berbaring) menurut situasi dan kondisi yang ada.

Jadwal Pelaksanaan

Pemberlakuan “ Main Kar Free Day” dilaksanakan setiap hari rabu,saat berlangsungnya imunisasi balita.